10 Januari 2010

Mengapa Harus Ngeblog?

Ini bukan tutorial atau tips. Ini untuk menjawab pertanyaan Kang Yayat Sudrajat tentang Apa Manfaat Blog Menurut Anda?

Jujur, sangat sulit untuk menjawab pertanyaan ini. Sebab, tidak ada patokan yang objektif untuk menilai manfaat blog. Bila ditanyakan kepada masing-masing pribadi, tentu saja ukuran yang digunakan akan terasa sangat subjektif, dan masih bisa diperdebatkan. Sebab, pengalaman masing-masing pribadi berbeda-beda tentang suka duka dunia blogging. Belum lagi, kalau mau ditinjau pendapat orang yang berada di luar dunia ini, tentu akan menghadirkan jawaban yang semakin beragam. Dan, boleh jadi, cenderung kontroversial antara orang yang menekuni profesi blogger ini dengan yang tidak.

Tapi, mungkin faktor subjektif dari dalam (baca: dari para blogger) inilah yang diinginkan oleh Kang Yayat, yang bila dikumpulkan, pada gilirannya akan memacu semangat positif dalam dunia blogging. Oke, berikut ini adalah sebagian – ingat, hanya sebagian – dari manfaat blogging yang saya rasakan.

1. Membuat Orang Melek Teknologi

Kalau seseorang blogging, sudah barang tentu harus berhubungan dengan komputer, internet, kode HTML, PHP, script, SEO, dan lain-lain yang berhubungan dengan itu. Meski hal ini sebenarnya tidak wajib. Tanpa menguasai itu pun seseorang tetap bisa blogging dengan menyerahkan urusan itu kepada ahlinya. Cuma saja, akan terasa sangat aneh dan sudah pasti akan mengalami banyak kesulitan bila seorang blogger tidak menguasai hal ini sama sekali. Hal ini mesti dikuasai, meski dalam porsi yang sedikit. Hukumnya Sunnat Mu’akkad. Dan, meskipun pula, alat-alat bukanlah rujukan sebuah modernitas.

2. Belajar Menulis dan Menjadi Mahir Menulis

Ini pointer terpenting manfaat menjadi blogger. Bisa saja, sebelumnya seseorang tak punya kemampuan menulis sama sekali. Tapi, dengan memutuskan untuk terjun blogging, seseorang kemudian “dipaksa” untuk bisa menulis secara terjadwal demi mematuhi skedul posting artikel. “Keterpaksaan” ini yang kemudian membawa seseorang pada kondisi mahir menulis. Menulis itu tidak gampang. Untuk menulis artikel yang berkualitas, orang harus mencari dan membaca beberapa referensi, kemudian mengolah referensi itu menjadi sebuah gagasan yang berguna bagi orang banyak. Oleh sebab itu, kegiatan menulis tak bisa dilepaskan dari kegiatan sebelum menulis itu, yakni membaca. Orang yang terbiasa membaca, akan terbiasa berpikir secara sistematis. Orang yang terbiasa berpikir secara sistematis, akan menulis secara sistematis pula. Dan, mudah-mudahan setelah itu, dia juga bisa berbicara secara sistematis.

3. Menyebarkan Manfaat Kepada Banyak Orang

Seseorang menulis, tentu saja, ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang, agar manfaat tulisan itu bisa dipetik oleh banyak orang. Dengan dibaca oleh banyak orang, maka pada saat itu gagasan yang muncul darinya harus siap pula untuk dievaluasi dan diperdebatkan oleh orang lain. Kondisi ini akan mematangkan kepribadian. Menyebabkan seseorang terbuka terhadap perbedaan pendapat, dan dewasa dalam menerima masukan dari orang lain. Selanjutnya, akan semakin mematangkan pula konsep yang lahir dari pemikirannya.

4. Menyampaikan Pendapat dan Gagasan Secara Spontan

Untuk menyampaikan pendapat tentang suatu kejadian – misalnya, tentang Gurita Cikeas - atau berupa gagasan lainnya, seseorang bisa saja menulis sebuah buku atau menulis di media cetak. Namun, hal itu tak bisa dilakukan secara spontan. Blog mampu menjawab persoalan ini. Melalui blog seseorang langsung dapat menyampaikan pendapat dan gagasannya secara langsung. Kemudian, gagasan itu akan segera mendapat respon melalui komentar, menyebabkan seseorang segera tahu apa pula pendapat orang lain tentang sesuatu yang sedang dikemukakannya. Dan, bukan tidak mungkin, kumpulan-kumpulan artikel di sebuah blog kelak dikumpulkan dan dicetak menjadi sebuah buku.

5. Membuka Minda dan Memperbanyak Teman Tanpa Batas

Sebelum ini, saya tidak pernah kenal siapa itu Mas HP. Nugroho (seorang pakar Natural SEO), Pak Fadly Muin (blogger yang membahas motivasi secara ciamik), Kucrit si Arek Sumbawa (pakar Paid Review), dan teman-teman yang lain. Dunia blogging lah yang membuat saya kenal mereka. Padahal, jarak geografis saya dan mereka sangat jauh. Blog lah yang membuat saya akrab dengan mereka. Mengunjungi blog mereka, membuat wawasan saya semakin bertambah tentang banyak hal. Disinilah peran blogwalking menjadi keharusan dan tetap harus dilakukan.

6. Memantapkan Kepercayaan Diri

Penjelasan ini mungkin agak narsis. Pada saat awal ngeblog, saya tak terlalu percaya bahwa saya bisa menulis. Yang saya tahu, saya hanya menulis saja, kemudian menjalin silaturahmi dengan blogger lain. Tapi, tak disangka, beberapa tulisan saya mendapat respon dan penghargaan dari beberapa blogger. Diantaranya, ada banyak tulisan saya yang di-link oleh Blog Paling Populer di Indonesia tahun 2009 dan diklaim mempunyai teknik SEO paling canggih, yakni blog JokoSusilo.com. Saya tidak percaya hal itu terjadi. Sebab, setahu saya, sebagai blog besar, JokoSusilo.com sangat selektif dalam memberikan link, walau sesama member Formula Bisnis sekalipun. Padahal, sebelumnya, saya tidak pernah memberikan link kepada JokoSusilo.com sekalipun, baik melalui artikel ataupun blogroll. :D

Selanjutnya, setelah efektif lima bulan ngeblog, ada ratusan sudah jumlah subscriber Sudeska.Net ini melalui FeedBurner, MyBloglog (kabarnya MyBloglog akan ditutup oleh YAHOO!), Twitter, Google Friend Connect, dan Facebook. Terakhir, blog Sudeska.Net ini terpilih sebagai salah satu dari lima Blog Indonesia Favorit 2009 pilihan IwanKus.com. Saya tidak bermaksud membanggakan diri dengan data itu. Cuma, ini menguatkan keyakinan dan kepercayaan diri saya, bahwa saya bisa bila serius menekuni sesuatu. Hal ini pulalah yang membuat saya berpikir untuk segera memigrasikan blog ini ke WordPress Self Hosting.

7. Dan, masih banyak lagi manfaat lainnya, seperti penghasilan atau profit bila melakukan monetasi blog. Kalau saya tuliskan semua, mungkin akan ada puluhan manfaat, yang tentu saja tidak cukup sekali ulas dalam sebuah tulisan. Walau hanya enam poin saja, namun keenam poin ini sudah cukup untuk menjadi alasan mengapa harus ngeblog mulai dari sekarang. Let’s Happy Blogging!


KONSULTASI BISNIS
Bagaimana Menemukan Ide dan Memulai Bisnis Anda?
Silakan menuju ke "RUANG KONSULTASI". Klik Disini!!

37 komentar:

nakjaDimande mengatakan...

Ya Ampuuuunnn Sudes! kelakuanmu dari PPC selalu mepet penutupan..!!!

tapi kereennn.. sudes selalu menulis dengan detil dan teliti, juri tampaknya akan tertarik.

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
Sobat yang satu ini emang sukanya mepet-mepet

Khery Sudeska mengatakan...

@nakjaDimande: Weekekekek... Emang selalu senang start paling akhir, Mande. Suka aja. Soal juri tertarik, ya belum tentu juga. Soalnya, kan diundi. Ya, untung2ang deh. Yang paling utama, ikut serta memeriahkan helatan Kang Yayat. Soal menang, urusan belakang. Hehehe... :D

Khery Sudeska mengatakan...

@alamendah: Waaakakakak.... =))

yayat38 mengatakan...

Terima kasih MAs atas peran sertanya. Saya senang dan terharu sekali sahabat saya Mas Khery bisa ikutan :)
Sudah tercatat sebagai peserta ke 61. Seluruh peserta sudah dicatat di http://arkasala.com/peserta-kemeriahan-di-leysbook.html. atau jika kesulitas backupnya bisa di buka juga di http://leysbook.wordpress.com.
Semoga beruntung Mas. Salam hangat dan sukses selalu :)

KangBoed mengatakan...

Selamat Tahun Baru 2010
Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
DEMI MASA..
DEMI WAKTU..
WAL ASRI..
semuanya sudah kita lalui bersama sama..
Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
Sebelum TERLAMBAT
Selamat Tahun Baru 2010

KangBoed mengatakan...

:lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

heru mengatakan...

mantap dan keren mas sudeska, lemgkap sekali tulisannya, sampai ngak tahu mai koment apa hehehe

kucrit mengatakan...

alamaak.... nama saya ada di situ... jadi mayuu... hehe...

beh, ulasan sampean lengkap banget mas, dan penghargaan2 itu, memang pantas sampean dapatkan...
btw kapan nih migrasinya..?
beh ngomen di blogspot pake hp repot banget...

Khery Sudeska mengatakan...

@yayat38: Trims, saya sudah diterima sebagai peserta, Kang. Saya senang sekali. :)

@Kucrit: Walah! Sampean ngomporin aja ne! :D Sabar, sedang dalam persiapan. Hehehe...

genial mengatakan...

setuju kang... bener bangeddd point point di atas... itu menarik banged kang mengenai pertautan link ke blog mbah joko... mangstabs :)

mengenai pernyataan akangnya berkenaan dengan beratnya loading page di tempat saiia, pan uda jelas penyebabnya kang... hueheheeheh... gambar nya guedhe guedhe... utk itu, saiia gag ada kompromi sampai ada hosting yg lebih baik buat ngatasin permasalahan tersebut.. (berccermin dari blog2/situs2 PSD tutorial di luaran sana)

saiia mohon maaf karenanya... tanpa bertandang ke sana pun dan di gantikan ke tempt saiia yg satunya gpp... anyway.. makasii atas masukannya :( really appreciate it :)

teten(blog sehat) mengatakan...

Tambahan no.8 mas khery ... rangkaian jalan untuk menjadi pebisnis internet yang mempunyai brand image ... sst .. salah satu visi blog sehat loh ...

ikkyu_san a.k.a imelda mengatakan...

Senang sekali mengetahui bahwa manfaat blog bagi saya sudah memenuhi nomor 1 sampai 6. Nomor 7, belakangan aja hihihi

EM

belajar bisnis internet | hill mengatakan...

iy betul kawan,dulu sy sllu belepotan klo nulis,skrg2 sudh lumayan tdk terllu belepotan :D :D karena "dipaksa" terbiasa

btw klo migrasi ke wp tulis ya pengalamannya,sy jg tertarik tp msh bingung gmananya :D :D

Ongki mengatakan...

yup, nge blog memang banyak manfaatnya, jauh lebih bnyk drpd facebook-an... :D

IwanKus mengatakan...

trims mas sudah menampilkan blog saya...
semoga sukses migrasi ke wp ya...
:D:D

edi mengatakan...

mampir lagi....saya setuju mas khususnya untuk point 2&3...blog tempat saya berlatih menulis..dan berbagi informasi...

bundadontworry mengatakan...

Semoga sukses di acaranya Kang Yayat, Mas Sudes.
Tulisan yang sangat menarik penuh dengan detil yang memukau.
salam.

Bhirawa mengatakan...

Saya datang membawa misi perdamaian.
Dengan rasa bangga saya juga ingin memperkenalkan Bhirawa.
Sebuah blo baru yang membutuhkan petunjuk,bimbingan, saran dan masukan serta kritik yang konstruktif dari para blogger senior.
Mohon doa restu sekalian semoga Bhirawa jadi nlog perkasa tetapi tetap rendah hati.
Terima kasih
Salam hangat dari Galaxi

Khery Sudeska mengatakan...

@genial: Kabarnya loading akan mempengaruhi peringkat indeks lho, Gen... :D

@teten: Lanjutkan, Mas. Hehehe...

@Imelda: Sama, Mbak. Soal yang nomor 7 saya juga belum pengalaman. Hehehe... Btw, apa kabar di Jepang saat2 sekarang ini, Mbak?

@hill: Aman, Kawan. Ini juga lagi sedang memikirkan teknisnya dengan matang. Biar pas migrasi nggak terlalu banyak errornya... :D

@Ongky: Betul! :D

@IwanKus: Do'akan sukses ya, Mas... :D

@edi: Setuju, Mas... :)

@Bundadontworry: Trims, Bunda. Mohon do'anya ya? :)

BlogCamp mengatakan...

Semoga berjaya dalam acara kang yayay mas.
Artikelnya komplit dan bagus.
Salam hangat dari Surabaya

Khery Sudeska mengatakan...

@Bhirawa: Waaakakakakak... Pakde, penyamarannya mudah sekali diketahui... :D Banyak amat neh blognya, Pakde. Hehehe...

fadly muin mengatakan...

wah, saya telat mas khery. sorry yah:D

saya tetap mengacu pada judulnya "Mengapa harus ngeblog" agag luas sih untuk menjawabnya pertanyaan itu. Tapi pointer2 yang di beberkan mas khery saya rasa cukup menyentuh hal-hal mendasar yang berkaitan dengan kehidupan sosial, kehidupan online dan karakter manusia itu sendiri yang butuh pengembangan diri.

sebenarnya saya sudah pernah sedikit mengungkit manfaat blog ini, yaitu "sebagai wahana penyadaran diri". dan saya rasa cukup bersinggungan dengan apa yang sudah anda sampaikan mas khery..

tapi kok saya merasakan cara anda menyampaikan lebih enak yah?

**thanks yah mas nama saya disebut2

Mamah Aline mengatakan...

point yang kedua mewakili perasaanku, memang denagn ngeblog rasanya bis terampil menulis dan mencairkan buah pikiran secara spontan khery. hebat... bisa jadi pertimbangan kang yayat nih...

yayat38 mengatakan...

Mas, Terima kasih sekali atas partisipasinya. Saat ini pengundian sudah berakhir. Mohon maaf atas segala kekurangannya.
Salam hangat dan sukses selalu :)

hpNugroho mengatakan...

maaf terlambat respon, koneksi sedang mbalelo ..

tapi saya protes keras,
masa dibilang pakar , terlalu berlebihan tuh ...

Abula mengatakan...

Selamat pagi,
Selamat hari Selasa,,
Semoga tetap semangat dan sukses selalu,,,

Salam Hangat,
AbulaMedia

Abula mengatakan...

wah... mas suka yang terakhir ya... tgl 10 kan penutupan... :))

belajar bisnis internet | hill mengatakan...

pak dosen, maaf nih melenceng dr postingan,mau menyebarkan info : ada blog yg melecehkan Allah swt & muhammad SAW, nama blognya http://beritamuslim.wordpress.com
marik kita laporkan ramai2 bahwa blog itu spam, caranya : http://en.wordpress.com/report-spam/?url=beritamuslim.wordpress.com.

trims mudh2n bnyk yg membaca

pasutrisatu mengatakan...

gara2 ngeblog saya jadi kenal mas Sudes, walo baru lewat blog, belom ketemu secara langsung..
sukses mas Sudes..

Agus Siswoyo mengatakan...

ditunggu artikel barunya mas...

Wasyoko mengatakan...

tambah semakin giat aja ya mas.salam selalu

yos mengatakan...

satu lagi bang...
biar eksis...
tuh alasan utama gue ngeblog...

Negerihijau.Com mengatakan...

Msatu kata deh...


Mantap........

iskandaria mengatakan...

Setuju banget dengan paparan manfaat ngeblog di atas. Sangat lengkap dan tajam. Saya tidak bisa menambahkan lagi.

Namun saya punya masukan untuk tampilan area posting blog ini.

Menurut saya, area posting yang cenderung melebar seperti blog ini LEBIH BAIK menggunakan PERATAAN LEFT. Kalau justify cenderung membuat tampilan paragraf terasa monoton dan agak melelahkan untuk disimak. Tingkat readibilty align-justify juga kurang. Kurang bisa menjaga fokus pembaca.

Align-justify juga membuat jarak antar kata menjadi tidak sama. Dari sisi estetika, ini kurang bagus.

Saya pernah membahas hal ini dalam postingan khusus. Judulnya SOLUSI UNTUK TAMPILAN PARAGRAF DI AREA POSTING MELEBAR. Silakan dicari pada kolom searching blog saya.

Trims sebelumnya dan sukses terus untuk blog ini.

Bakrie mengatakan...

setuju ama point2 diatas... terutama point no. 7

jika dikerjakan secara serius blogging bisa jadi menambah penghasilan..

A9YnD1LV3R mengatakan...

Bagi saya yang utama adalah mengutarakan gagasan secara spontan. Pemikiran yang terhambat untuk di utarakan bisa menyiksa diri.

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Bagi sahabat-sahabat pembaca yang belum mempunyai Blog, anda tetap bisa berkomentar/bertanya disini. Caranya, pada "Select frofile..." pilihlah Name/URL. Tulis pada kotak Name dengan Nama Anda, dan kotak URL anda kosongkan saja. Tuliskan komentar/pertanyaan anda di dalam kotak komentar, lalu Poskan Komentar anda.

 
© Copyright by Blog Khery Sudeska  |  Template by Blogspot tutorial