27 Desember 2009

Buya HAMKA; Dari Mana Datangnya Cinta?

Tumben, saya ngomongin masalah cinta! :D Tapi, di penghujung minggu, memang lebih enak bicara topik yang santai, ketimbang topik yang berat-berat seperti ideologi, sebab kesalahan berpikir, atau masalah bisnis.

Fenomena bangsa hari ini, adalah maraknya perselingkuhan, mulai dari artis, pejabat, sampai ke lapisan masyarakat bawah. Prof. Quraish Shihab, dalam sebuah wawancara di televisi, pernah ditanya, “Bagaimana anda melihat seorang suami yang sudah punya istri dan anak, lalu kemudian tertarik dengan perempuan muda yang cantik dan berselingkuh. Cinta yang bagaimanakah ini?”

Untuk menjawab fenomena ini, kiranya lebih afdhal untuk menjawab dulu pertanyaan “Dari Mana Datangnya Cinta?”. Buya HAMKA, dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck pernah menerangkan, bahwa cinta itu datang melalui beberapa pintu. Pintu apa sajakah?

1. Pintu Suka

Saya kira, cukup mudah untuk menangkap maksud Buya HAMKA tentang perasaan suka. Ketika pertama melihat lawan jenis, kita bisa suka melihat penampilannya yang rapi atau apa adanya, suka gaya bicaranya, suka akan tata kramanya, suka gaya bergaulnya, suka melihat senyumnya, suka melihat tatapan matanya yang teduh, dan lain-lain. Tapi, perasaan suka bisa hilang seiring berjalannya waktu. Karena seringnya bertemu, penampilan rapinya yang tadi kita sukai bisa saja berubah menjadi terkesan biasa-biasa saja, atau malah tergantikan oleh penampilan orang lain yang lebih baik dari itu.

2. Pintu Nafsu

Nah, ini yang perlu dihindari. Bila anda melihat tanda-tanda seseorang menyukai anda karena nafsu, segeralah menjauh. Tak akan baik akibatnya bagi fisik dan kejiwaan anda di masa yang akan datang, meskipun pada dasarnya anda mungkin bernafsu juga padanya. Cinta kenafsuan adalah cinta secara daging (lahiriah), sasarannya bisa wajah yang menarik, bibir yang seksi, suaranya yang merdu, bodi yang bagus, kaki yang indah, pinggul yang menawan, dan lain-lain. Cinta serupa ini apalagi, paling mudah hilang dan tergantikan.

3. Pintu Kasihan (Iba)

Melalui pintu kasihan inilah cinta yang amat disarankan oleh Buya HAMKA. Melalui pintu kasihan inilah cinta yang aman dan langgeng. Kasihan adalah rahmat Tuhan yang dititipkan kepada hati manusia. Dari rasa kasihan, cinta bersemi dengan mulia. Dari rasa kasihan, kasih sayang sejati ditemukan. Dari rasa kasihan, dunia ramai dengan damai. Bila seseorang mencintai anda karena iba, ia tak akan pernah melupakan anda sampai ia mati. Dalam Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, rasa kasihan inilah yang terungkap dalam petikan surat Hayati kepada sahabatnya Khadijah di Padang Panjang,

“Sahabatku Khadijah... Bila engkau mengetahui perihal Zainuddin, kita kasihan melihatnya..........”

Pendapat Buya HAMKA ini, diperkuat pula oleh Prof. Quraish Shihab ketika menjawab pertanyaan di atas tadi, “Dalam Islam tidak mengenal cinta yang seperti itu. Bila seseorang tertarik pada perempuan cantik lalu berselingkuh, padahal ia sudah punya anak dan istri, berarti ia mengabaikan rahmat Tuhan di hatinya. Seharusnya, ketika ia tertarik pada perempuan muda yang cantik itu, pada saat itu ia harusnya kasihan mengingat istrinya di rumah...........”.


KONSULTASI BISNIS
Bagaimana Menemukan Ide dan Memulai Bisnis Anda?
Silakan menuju ke "RUANG KONSULTASI". Klik Disini!!

38 komentar:

joko santoso mengatakan...

Laki-laki memang kadang-kadang tidak tahu diri, di rumah sudah ada sayur asem, tapi ia masih kepingin sayur lodeh. Kalau ada sayur lodeh kepinginnya sayur gudeg. Yah... yang penting kita harus membentengi dengan iman dan taqwa.

heru mengatakan...

saya selalu setia sama pendamping saya mas walaupun jauh dimata

Khery Sudeska mengatakan...

@joko santoso: Tidak hanya lelaki, perempuan juga harus begitu. Saya setuju. Amin... :)

@heru: Weekekekek.... Mantap! :D

dadangsupriadi mengatakan...

:(( tiga pintu saja sebenarnya cukup sebagai penerang hidup kita... ;)
Selamat berlibur sobat

Rita Susanti mengatakan...

Saya fikir tadi jawabannya: "dari mata turun ke hati" Bang hehehe...

Pintu Kasihan, hmmm...Tapi bukankah rasa kasihan dan rasa cinta itu beda yah?? ataukah ini maksudnya bahwa pintu kasihan yang menyebabkan lahirnya cinta??? au ah gelap! suka bingung kalau ngomong masalah CINTA :p,

Akan sangat indah bila CINTA itu hadir dalam ranah keikhlasan dan ketulusan, dan biarkanlah CINTA itu berjalan menemukan tempatnya sendiri...

alamendah mengatakan...

Pntu kasihan????.
maksudnya gimana?

arkasala mengatakan...

Membaca paragraf terakhir saya pernah berdiskusi dengan yang mabuk cinta. Dia mencari pembenaran dasar hukum biar bisa menikah lagi .... saya melihatnya yang demikian bukan cinta lagi yang bicara tapi nafsu.
Terima kasih Mas artikelnya sangat menarik dan memberi pesan yang dalam.
Salam :)

Enay mengatakan...

cinta adalah anugrah, kalau dinikmati betapa indahnya .kalau malam cinta itu aku arahkan kepadaMu ya robbi,betapa cinta ini buatMu aku kembalikan kepadaMu tak bisa diceritakan dengan apapun karena terlalu suci.

Khery Sudeska mengatakan...

@Rita & alamendah: Hehehe... untuk memahaminya (pintu kasihan itu) memang perlu perenungan dengan perasaan. Kalau dipikirkan, nggak akan ketemu dia... :D

@arkasala: Kebanyakan kasus yang demikian memang begitu, Kang. But, soal yang itu saya bukan ahlinya, hehehe.... Artikel ini hanya sekadar sharing buat direngungkan. Untuk lebih jauh bisa dibaca langsung novelnya Buya HAMKA Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck tersebut, atau baca tafsir Al-Azharnya Buya HAMKA tentang hati. :)

@Enay: Amin...

Princess Meliamengatakan...

Hmmm... Ngomong2 ttg cinta. Hayyo jatuh cinta pd siapa?

Khery Sudeska mengatakan...

@Princess Melia: Sama Princess Melia!!! :D

princess Meliamengatakan...

?????? Me. lol
becanda kaleee. hahaha

hpnugroho mengatakan...

katanya cinta itu buta, tetapi kok bisa melihat pintu ya .. ?
btw, mas saya sudah buatkan tulisan sederhana untuk pertanyaan mas Khery, dgn harapan semoga bisa sedikit memberikan jawaban, ....

sobatsehat mengatakan...

yang jelas peptah bilang dari mata turun ke hati ya bang

belajar bisnis internet | hill mengatakan...

Ada yg bilang cinta tdk bisa di definisikan hanya bisa di rasakan..entahlah sy trkadang bingung apabila menyangkut tentang misteri paling dalam yg ada di dlm makhluk hidup ini

Ada yg bilang bahwa sebagian manusia seringkali menyianyiakan cinta yg ada di sekitarnya.

Ada yg bilang bahwa laki laki seringkali dikendalikan oleh benda yg ada diantara 2 pangkal pahanya :D =))(mungkin iy mungkin juga tdk)

mskipun susah utk di definisikan ttg cinta ada contoh nyata yg hrs kita lihat

Sebagaimana seorang asiyah menyayangi musa, sebagaimana maryam mengasihi joshua from nazareth, sebagaimana khadizah menyayangi muhammad muda,sebagaimana fatimah mencintai imam ali

amiin..mudh2n jd tauladan buat kita :D

arkasala mengatakan...

Saya pikir memang Buya Hamka selain memang memiliki ilmu pengetahuan yang luas, dari paragraf terakhir yang saya baca, asumsi saya hasil dari pendalaman beberapa kasus. Mungkin maksud saya itu Mas. Hanya contoh kecil saya memang menemukan kasus yang sama.
Trims Mas Khery, salam hangat selalu :)

Belajar Blog mengatakan...

wah saya pengen tuh mas cinta pintu kasihan.
wkwkw...maklum mas, saya orangnya apa adanya, ngampus jalan kaki, makan sehari 2x doang
nah karena itu susah dapat cewe. maklum ortu cuman kasi duit buat kuliah bukan pacaran.

Walaupun dihati ini pengen pacaran, tapi ampe sekarang ga dapat2. susah juga yah.

bundadontworry mengatakan...

cinta bunda pada Mas Sudes, penuh dengan kasih(an).
Ternyata orang2 yg senang berselingkuh itu krn kurang bersyukur ya ,Mas Sudes.
salam.

h-run mengatakan...

hehe. serius amat

pasutrisatu mengatakan...

dengan cinta semua tampak mudah dan indah, termasuk blogwalking

demoffy mengatakan...

hmm...
dari mata turun kehati.. :)
kata orang sih..

namun cinta ibu selalu..
tak memedulikan hal yg diatas..

tak terhingga sepanjang masa... :D

akubunda mengatakan...

ahayyy...saia pikir mencintai krn kasihan itu sebuah kesalahan, ternyata malah disarankan sama Buya Hamka....:)

ngomong soal cinta memang ga pernah habisnya bang, 1000 org abang tanyai 1000 jwaban yg berbeda pula yg akan abang dapat...(Sotoy mode : on ) :D

guskar mengatakan...

klo membaca kasus2 di rubrik konsultasi kebanyakan cinta & perselingkuhan itu dari pintu iba. masing2 iba, bergetarlah cinta terlarang itu..

elmoudy mengatakan...

darimana datangnya cinta..??
cinta datang tiba tiba..
pada hati para manusia yang hatinya lembut...

alfarolamablawa mengatakan...

setuju sama bunda..
sudah dikasih, tapi g disyukuri...nah selingkuh dech akhirnya...
omong-omong selingkuh itu indah ya? hehehe

Rizal Islami mengatakan...

aku lagi jatuh cinta, doain ia jadi isteriku..............

kucrit mengatakan...

mantab...
tapi terkadang saya bingung ketika menentukan cinta saya ini masuk melalui pintu yang mana...
jika rasa cinta itu datang melalui semua pintu itu gimana kira2 mas...??

Hariez mengatakan...

saya setuju dengan ketiga pintu diatas Kang..tapi untuk menghindari yang kedua paling susah kang hehehe...

TECHNOLOGY mengatakan...

bagus-bagus bos,,,,,sambil makan sambil baca nie......!!!!my blog Ponsel and Laptop

enay mengatakan...

bagaimana kalau enay mengarahkan cintanya sama mas sudes apa jawabnya ( klepek-klepek) cuma tes...tes..masih kalau

enay mengatakan...

kalau hanya ungkapan2 kan gak apa2 ,jangan dibawa ke dunia nyata , ,ayo menyerah atau kalah

enay mengatakan...

menyerah kalah jawabnya mana ..............cabut...kabur.

Sumber Inspirasi mengatakan...

Hmm...Ngmongin cinta memang ga ada habisnya...dari yang masih SD sampai yang berumur juga tetap masuk obrolan tentang cinta...Hmm..semoga saja, cinta yang datang dalam hati kita, adalah cinta yang sebenarnya..bukan nafsu belaka..

Salam hangat dari ary..

Mamah Aline mengatakan...

Ternyata untuk memasuki rasa cinta ada beberapa pintu yang harus dimasuki, ntahlah hubby masuk pintu mana saat menyukaiku

arkum mengatakan...

Wah, maaf ms, terlambat nih commentnya,lg sibuk akhir thn.Kl seseorang itu selingkuh, justru sy malah bertanya ketika ia memberanikan mencintai pasangannya pasti hanya skedar cinta dan sex sj.berani cinta kn berarti hrs siap memiliki dan bertanggungjwb utk cinta itu.tulisannya bagus nih ms.

arsumba mengatakan...

pintu yang nomer dua keknya lebih banyak peminatnya atuh mas.. heheh...

Khery Sudeska mengatakan...

@all: Bila punya novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck terbitan Bulan Bintang, cobalah buka halaman 32 (tiga puluh dua), apa yang saya maksudkan tertera disana. Trims... :)

emotz_zie mengatakan...

Nice post,,,
maksih infonya,,tambah wawasan ~x( x(

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Bagi sahabat-sahabat pembaca yang belum mempunyai Blog, anda tetap bisa berkomentar/bertanya disini. Caranya, pada "Select frofile..." pilihlah Name/URL. Tulis pada kotak Name dengan Nama Anda, dan kotak URL anda kosongkan saja. Tuliskan komentar/pertanyaan anda di dalam kotak komentar, lalu Poskan Komentar anda.

 
© Copyright by Blog Khery Sudeska  |  Template by Blogspot tutorial