02 Desember 2009

Browser Apa Yang Paling Bagus?

Kali ini saya hendak sharing (diskusi) saja. Di luar dari topik blog saya ini. Apa pasal? Saya ingin tahu, browser apa gerangan yang paling bagus digunakan dalam kegiatan kita blogging sehari-hari?

Sebagai permulaan, ada baiknya saya sampaikan dulu pengalaman saya menggunakan empat browser berikut ini.

1. Google Chrome

Nah, ini favorit saya yang nomor satu. Kenapa? Ada beberapa alasan:
  • Browser ini sangat cepat dan stabil.
  • Tak masalah digunakan, walau koneksi internet sedang lemot sekalipun. Asalkan modem anda minimal berkecepatan 100 Mbps.
  • Tampilannya sederhana, tapi cantik. Khas style-nya Google. Dan, mudah digunakan.
  • Dalam menampilkan halaman web/blog, jarang sekali saya temukan Google Chrome tak mampu menampilkan beberapa elemen halaman tertentu. Semua eleman halaman bisa ditampilkannya dengan sempurna.
  • Adress Bar-nya bisa dijadikan sebagai mesin pencari. Jadi, saya tak perlu lagi membuka www.google.co.id jika ingin melakukan pencarian. Cukup ketikkan kata kunci di adress bar, lalu akan muncul pilihan-pilihan pencarian sebagaimana layaknya di Google.
  • Tersedia beberapa theme gratis. Kita bisa mengubah-ubah theme-nya sesuai selera kita.
  • Tampilan layarnya lebih lebar. Sehingga pandangan mata kita lebih leluasa.
  • Ada tampilan thumbnail dari situs yang sering kita kunjungi.
  • Kalau diibaratkan motor-motor yang ada di pacuan motogp, Google Chrome ini ibarat Yamaha YZR-M1. Cepat, stabil, efektif, efisien, dan selalu bisa meyelesaikan putaran dengan waktu tercepat. (Lho, kok larinya ke motogp? :D). Tapi memang iya kok.
  • Kalau teman-teman belum pernah coba, silakan coba. Saya jamin ketagihan.
  • Bagi yang belum punya dan ingin download, silakan download disini. Gratis. Kalau koneksi internet anda bagus, insya Allah, dalam 3 atau 5 menit ter-instal dengan sempurna.
2. Mozilla Firefox

Ini pilihan saya nomor dua. Kaya dengan add on yang menarik. Saya yakin, teman-teman pasti banyak yang menggunakan ini. Jadi, saya tak perlu lagi menyampaikan kelebihan dan kekurangannya. Silakan eksplorasi di halaman komentar.

3. Opera

Seperti halnya Google Chrome, menampilkan thumbnail dari situs yang sering kita kunjungi. Dan ini browser tercepat. Versi terbarunya memiliki mesin turbo untuk mempercepat bukaan halaman. Bak kata Mas Hengky, browser ini sangat cocok digunakan pada saat koneksi internet sedang payah.

4. Terakhir, Internet Explorer

Wah, yang ini payah dah. Saya sudah lama tak menggunakannya, walau masih ada ter-instal di komputer saya.

Menurut saya, setidaknya, tiga yang pertama harus dimiliki. Lain browser, lain pula tampilan (bukaan) halamannya. Sebagai contoh, coba lihat tampilan blog kawan saya yang satu ini; Hilmi Firdaus. Kalau dibuka menggunakan Mozilla Firefox alangkah cantiknya. Tapi, bila dibuka menggunakan Google Chrome, halaman postingnya pun pindah ke kanan. Coba deh buktikan kalau nggak percaya.

Dan, ada beberapa sahabat blogger yang kesulitan berkomentar di blog saya ini, seperti Ustadz Wandi Thok dan Pakde Cholik. Coba deh gunakan Google Chrome, saya yakin sangat mudah berkomentar di blog ini. Hehehe...

Nah, browser apa yang sering anda gunakan dan paling bagus menurut anda? Dengan kerendahan hati, silakan kita sharing (diskusikan). Mohon sertakan pula alasannya, kalau bisa.

Up-date: Blog kawan saya Hilmi Firdaus telah tampil dengan cantik menggunakan browser Google Chrome. Beliau telah menemukan penyakit apa yang menjadi musabab blognya di Google Chrome selama ini. Dari Sudeska.Net saya ucapkan "selamat, Kawan. Semoga semakin bersinar...! Anda memang The Doctor-nya Blog." :)

Up-date ke-2: Browser Google Chrome semakin ciamik. Tampaknya, pelan-pelan akan segera menggeser Mozilla Firefox. Google Chrome sudah bisa ditambahi add-ons, themes yang semakin banyak pilihannya, dan plugins. Silakan lihat informasinya di HilmiFirdaus.Com.

KONSULTASI BISNIS
Bagaimana Menemukan Ide dan Memulai Bisnis Anda?
Silakan menuju ke "RUANG KONSULTASI". Klik Disini!!

46 komentar:

heru mengatakan...

saya dulu pake internet explorer, dan loadingnya lambat dan sekarang saya pake mozzila firefox dan ngak ada masalah lagi. cuma kendalanya sekarang kadang2 koneksi internetnya down/lambat. nanti 2hari lagi kembali normal.

belajar blog mengatakan...

kalo saya emang dari dolo dah ngefans banget ama mozilla

Action Figure Toy mengatakan...

kalo opera paling enak buat buka facebook
ringan dan nga maen flash

IwanKus mengatakan...

masih pake MF...
terlanjur familiar...
tapi ok juga kalo nyoba yang lain nih...

belajar bisnis internet | hill mengatakan...

hehe trims senggolannya :D, iy bener knp ya ko pake chrome malah jd mencong ke kanan :D, apa ada yg salah dgn templatenya?klo ga di ksh tau skrg pasti sy gakan tau pake GC trnyata blog sy jd miring :D. klo browsing utk keperluan blog sllu pake mozilla ff + fasterfox,alasannya bnyk add on yg bs dimanfaatkan. yg lainnya sy hanya menggunakan sesekali aj.

yayat38 mengatakan...

Mas saya terpuasakan sama Pale Moon Project. Kayak-kayaknya ini turunan dari Mozila juga karena mirip banget fitur dan tampilannya cuman saya bandingkan lebih cepat.

nakjaDimande mengatakan...

nanti bundo bilangin ke KD tentang google chrome ini.

bundo selama ini pake Safari dengan Mr. M
ndak menegrti kelebihan dan kekurangannya, taunya cuman pake saja. **skrg lg pake mozilla firefox sejak mr. M tiada..

pasutrisatu mengatakan...

wah! kita pake MF nih, simple dan familiar..ijin download GC mas.. makasih.

Zico Alviandri mengatakan...

Masih pake mozilla & ie. Tapi pengen coba tuh google chrome.

Anonimmengatakan...

gwe pake firefox...

Khery Sudeska mengatakan...

@heru: Coba kasih alternatif dgn GC juga, Mas. Saya yakin, pas koneksi lagi lemot gak masalah. Ini sih pengalaman saya ;)

@belajar blog: Memang MF gak boleh ditinggalin, tapi GC juga harus punya :D

@AFT: Iya, facebook telah kelebihan penduduk. Makanya jadi berat. Memang cocok kalau pake Opera :)

@IwanKus: Ya, Mas. Coba deh sekali-kali pake GC juga. Setidaknya, untuk alternatif :)

@hill: Wekekekek... Masa iya baru tahu. Saya pertama juga heran pas ke sana pake GC, Kawan. Ini blog kok cuma ada kepalanya aja. Isinya kemana? :)) =))

@yayat38: Wah, ini menarik juga nih, Kang. Saya juga pengen nyoba. Dimana bisa didownload? Gratiskah? :)
Btw, ini blog barunya, Kang? Kok gak sekalian komen pake arkasala.com juga. Gapapa. Biar lebih rame :)

@nakjaDimande: Iya, Mande. GC ini sangat bagus, Mande. Setidaknya sebagai alternatif. Insya Allah aman, cepat, sederhana, dan stabil. Google sendiri yang punya. Segera saja beritahu ke ayahanda KD. Ananda yakin, dia akan tertarik :)

@pasutrisatu: Ya, download aja, Mas. Kalo koneksi bagus, gak bakalan sampe 10 menit kok. 3 menit aja dah kelar. :)

@Zico Alviandri: Ya, segera coba, Kawan. Rasakan manfaatnya. Saya yakin akan ketagihan :)

@masrobertk: Coba juga alternatif yang lain. Berguna jika sewaktu2 koneksi internet lagi down... :)

arkasala mengatakan...

Menjawab Pale Moon, saya mendapat dari blognya Mas Adirosi. Tentu saja gratis Mas.
Ya udah ini pake yang arkasala he he.
Trims Mas.
Salam :)

sobatsehat mengatakan...

kalo saya tetap memilih mozila kang sudeska.......sudah familiar dari dulu ampe sekarang. btw postingan mengenai mahasiswa melayu kok nggak kelihatan lagi bang

wempi mengatakan...

Kalo wempi pake browser pesugihan kang,
dilengkapi dengan addon kemenyan, kembang dan sedikit baca-baca.
baru deh webnya nongol 8-}

iskandaria mengatakan...

Firefox tetap jadi piihan utama saya. Rasanya lebih cocok aja sih.

alamendah mengatakan...

Saya pake GC terkadang MF!

hpnugroho mengatakan...

sy masih mengandalkan mozilla, karena masih perlu dgn add-ons nya. yang kedua adalah opera turbo yg jadi andalan saat koneksi lemot, terakhir chrome ...
dikantor lebih sering pake Maxthon yg berbasis IE tapi lebih powerfull ...

Khery Sudeska mengatakan...

@arkasala: Trims atas infonya, Kang. Saya akan cek kesana deh. Nanti kalo saya kesulitan, saya akan hubungi Kang Yayat kembali. :)

@sobat sehat: Coba juga GC sekali-kali. Hehehe... Btw, soal posting tentang itu masih belum ada bahan. Nanti kalo ada bahan kita posting deh :)

@wempi: Browser apaan tuh, Wem... :))

@iskandaria: Pasti, kalau sudah cocok memang susah dipisahkan. Apalagi, kalau selama ini tak ada masalah dengan itu :)

@alamendah: Nah, ini mas Alam sama saya kebiasaannya ne. :D Sukses selalu, Mas Alam :)

Rudy Azhar mengatakan...

semua browser diatas udah saya coba Mas, paling cepet emang OPERA tapi blog saya tidak bisa tampil sempurna di browser tersebut dikarenakan saya menggunakan CSS-3 dimana huruf dan sidebar yang saya modifikasi tidak bisa tampil sempurna.

kalau google chrom bisa muncul tetapi saya lebih familiar menggunakan firefox biarpun versi 3.5.5 memang lebih berat..

Khery Sudeska mengatakan...

@hpnugroho: Waw, ini info baru nih, Mas Nug. Thanks atas sharing-nya. Saya jadi tertarik juga tuh ama Maxthon. Dimana bisa diperoleh? :)

Khery Sudeska mengatakan...

@Rudy: Sama, Bang. Saya juga jarang make Opera. Walau cepat, tapi kurang suka lihat tampilannya. Saya malah kepincut ama GC. Trims atas sharing-nya, Bang. :)

Rita Susanti mengatakan...

Kalau aku sekarang pakai mozilla firefox...Hmm, aku kan gaptek banget tuh orangnya bang, selalu terima beres urusan kayak beginian. Kalau mau pake GC ini harus pake install segala gak??? *kayaknya sih iya yah? hehe jwb sendiri :)*

MAAPH kalau pertanyaan nya cupu banget...

andriristiawan mengatakan...

saya paling demen MOzilla :)
hohohoho
mas sudeska demen ke chrome banget...
jadi budak google donk wkwkwkwkwkw
blogger
choreme
google search
wah tanda2nya semuanya bakalan dikuasai google -_-a
browsernya aja dah mulai banyak yang suka -_-a

Wong Jalur mengatakan...

Mozilla mak nyussss, cm mnrtku mozilla jalannya berat dn makan memori klo udah lama browsing, jd harus bersihkan cache dulu bru mak nyussss lg.

Cak Win mengatakan...

Manteb, aku pake mozilla :D

cah ndeso mengatakan...

weeh...kalo saya lebih seneng Mojila buat ngeBlog. Tapi kalo FB, pakai Opera :D

Blogger Admin mengatakan...

google crom emang cepet n ringan bro...tp kok agak minimalis ya?itu yang buat ribetan dikit klo mau pasang add on....tp aq juga seneng pake google crom...meski masih tetap setia dengan si rubah api hehehe

Blogger Admin mengatakan...

kok tiap kirim komen slalu ada peringatan halaman tidak di temukan gt to?tp komen tetep masuk....coba di priksa lg tag komentarnya ya bro......(maap cuma saran biar lebih enak n ane seneng mampir ke sini deh hehe)

bukan facebook mengatakan...

saya juga favorit chrome...:D

tadinya sempet kendala karena chrome gak bisa matiin gambar untuk irit bandwith...tapi setelah bisa matiin fasilitas gambarnya...chrome jadi favorit sayah... :D

Technomizer mengatakan...

saya senengnya pake firefox :D

Hariez mengatakan...

kebetulan saya tetep setia pake mozilla yahh..kadang-kadang ajah buka pake safari :D

selamat malam & selamat beristirahat

-salam kenal-

Financial Adviser mengatakan...

apapun browsernya...?
ngeblog kegiatannya :)

yang pasti MF is my choice

mamah aline mengatakan...

aku pakai mozilla atau flock, pakai google chrome rada gimana gituh, mungkin karena biasa pake mozilla selama ini

Desain Lansekap mengatakan...

Tapi di google chrome saya malah kesulitan Mas... lebih cepat di browser biasa... kalau di google chrome lebih lambat.... BTW terima kasih info tentang browsernya... Salam kenal...

bundadontworry mengatakan...

selama ini bunda hanya pakai google chrome saja, nggak ngerti ttg kekurangan dan kelebihannya, pokoknya pakai saja krn anak2 sudah mesettingnya
.begitu, maklum krn bunda gaptek, hanya tinggal pakai saja, kalau ada apa2, tinggal teriak ke anak2 he.......he.....
salam.

Khery Sudeska mengatakan...

@Rita: Gak pake lama instal-nya, Rita. Tinggal klik aja tuh link di atas. Ikuti saja pertunjuknya. Kalau koneksi bagus paling lama 3 menit udah kelar. Selamat mencoba :)

@andriristiawan: Bukan jadi budaknya Google, Ndri. Wehehehe... Tapi, memang GC ini enak banget dipake. Kita kan mencari yang paling asyik. Coba deh kalo nggak percaya, pasti ketagihan :D

@Wong Jalur: Nah, itu tuh penyakitnya. Tapi kalo udah demen ama MF emang payah mau ke lain hati. Hehehe...

@Cak Win: Lanjut, Cak :D

@Cah Ndeso: Asal jangan pake Gojilla aja, My Friend :D

@Aditya: Sama, Fren. Eh, makasih atas infonya. Baru tahu nih. Itulah gunanya teman. Ntar saya cek deh. :)

@bukan facebook: Wekekekek... Kok kita sama ya :D

@Technomizer: Sama, My Friend. Tapi saya lebih senang lagi pake GC :D

@Hariez: Lanjut terus, Fren. :D Salam kenal juga dari saya. Moga silaturahmi kita langgeng :)

@Financial Adviser: Setuju, Fren. Kok kaya slogan Sosro :D

@mamah aline: Kalo dah kebiasaan emang susah merubahnya, Mamah. Apalagi saya yang kebiasaan pake GC :D

@Desain Lansekap: Lho, kok gitu. Ya udah, yang penting nge-blog. Ya to? :)

@bundadontworry: Wehehehe... Bunda sama kayanya sama Bundo nakja, tapi beliau ngadunya ke KD :D

kucrit mengatakan...

hmmm.. kalo saya masih istiqomah pake mozilla.. soalnya warnet deket kosan cuma di install itu... hehehe...
dulu saya pernah pake opera tapi banyak javascript yang gak bisa dibaca.. entah browsernya atau komputer yang saya pake ya... ???

Khery Sudeska mengatakan...

@kucrit: Makanya saya juga tak terlalu suka opera, Crit. Hanya saat2 genting saja. :D

dani mengatakan...

Karena multiplatform-nya (ada di Linux dan Windows), saya masi milih peramban (browser) bermesin Gecko (Firefox/fx), WebKit (Google Chrome, atau Safari di Windows dan Midori di Linux), Presto (Opera).

Untuk sekadar browsing, pakenya Google Chrome. Untuk ngedit web, pake fx dan pengayanya. Untuk browsing cepat plus mail client, pake Opera. Untuk tes web, pake ketiganya.

Dari sisi standar Web, acidtest3 masih dipimpin Opera, disusul turunan Webkit, lalu Gecko, dan Trident (IE, Maxthon). :)

Khery Sudeska mengatakan...

@dani: Mas Dani sepertinya sangat faham dan fasih sekali soal peramban ini tampaknya. Saya sangat senang dengan tambahan ini. Trims atas sharingnya, Mas. :)

Richimengatakan...

Tips n trick:
Google chrome pake yg versi beta 4.0.249 lbg cpt ktmbang versi stabil 3.0.195,utk option hood semua g usah dicentang kecuali no 5

Richimengatakan...

Untuk mozilla versi tercepat adalah versi 3.7 minefield nightly builds dan hrs ditambah addons fasterfox lite centang turbo,enable prefecth dan disable dns.

Richimengatakan...

Untuk pengguna safari yg tercepat versi 4 dan hrs memakai webkit sfx squirelle fish extrem. Sementara itu ie pake yg tercepat ie8 dgn ditambahkan plugin google chrome frame 4.0.255 dan utk compatible view dan smart screen filter dinonaktifkan

Richimengatakan...

Dari semua browser diatas cuama google chrome 4.0249 yg tercepat dan terbaik,dlm artian cepat tp gambar warna pixel sempurna. Yg bs cuman google chrome 4.0.249. Dan ak buktikan lwt 4 test yg bs kalian test sendiri acid3,sunspider,v8 benchmark,dromero. Semua menang. SiAPa yg mau bantah? Mau diadu? Silakan? Google chrome 4.0249 yg tercepat dan terbaik. Dah ak test 4 browser bersamaan ngeload disney.com hslnya 1. Google chrome 4.0.249 2. Minefield 3.7 3. Safari 4 build sfx dan Ie 8 plugin google chrome frame 4. Opera 10. Hanya org bodoh yg membantahnya

Richimengatakan...

Untuk mas dani yg bilang google chrome g lolos acid3 test anda salah besar,mgkn anda kurang up to date komputernya jd th nya yg lama2 saja, nih hsl acid3 test yg terbaru google chrome 4.0.249 100/100, safari 4 build sfx 100/100, ie8 build chrome frame 21/100, firefox minefield 3.7 96/100,opera 99/100. Nih test kulakukan bersamaan pd satu komputer windows xp sp3,p4 1,6 mhz, ram 2gb,dual core,speed internet 64 kbps,puas bos atas resultnya? Semua br bisa dibuktikan kl sambungan kt lelet kyk punyaku baru th siapa yg terbaik.

Khery Sudeska mengatakan...

@Richi: Thanks infonya...

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Bagi sahabat-sahabat pembaca yang belum mempunyai Blog, anda tetap bisa berkomentar/bertanya disini. Caranya, pada "Select frofile..." pilihlah Name/URL. Tulis pada kotak Name dengan Nama Anda, dan kotak URL anda kosongkan saja. Tuliskan komentar/pertanyaan anda di dalam kotak komentar, lalu Poskan Komentar anda.

 
© Copyright by Blog Khery Sudeska  |  Template by Blogspot tutorial