07 November 2009

Membincangkan Masalah Masa Depan

Saya mencermati beberapa respon teman-teman di halaman komentar terkait posting sebelumnya; Membangun Semangat Dangdut Indonesia. Ada bersit kekecewaan melihat perkembangan dunia musik dangdut yang tidak sebaik dulunya, terutama dalam konteks nilai atau norma.

Sebenarnya, terkait membincangkan perbedaan masa dahulu dan masa sekarang itu, bukan saja terjadi pada musik dangdut semata. Tapi, hampir pada semua dimensi kehidupan manusia. Dan itu, sudah menjadi salah satu masalah masa depan.

Ditinjau dari banyak sudut pandang, masa depan punya beberapa karakteristik. Apa saja itu?
  1. Pasti beda dengan sekarang. Pada poin ini, saya kira, semua kita setuju bahwa masa depan itu pasti beda dengan keadaan sekarang. Apakah lebih baik ataukah lebih buruk, yang jelas, pasti berbeda dengan keadaan sekarang ini.
  2. Penuh dengan ketidakpastian. Siapa yang paling bisa memastikan keadaan yang terjadi di masa depan?
  3. Perubahan yang terjadi semakin cepat. Lihat saja perkembangan manusia; prilaku, budaya, dan peradabannya dari hari ke hari, semakin cepat perubahannya.
  4. Paradoks dengan keinginan manusia. Apapun itu, sesuatu yang terjadi di masa depan, lebih banyak cenderung paradoks dengan keinginan manusia.
Melihat karakteristik masa depan yang demikian, tentu saja, menarik untuk mengetahui apa yang menjadi faktor atau sumber perubahan di masa depan manusia. Yakni:
  1. Teknologi – kiat mengerjakan sesuatu berdasarkan logika rasional.
  2. Ekonomi – prilaku manusia mendayagunakan sumber dalam memenuhi kebutuhan hidup (kepuasan).
  3. Sosial – hubungan dalam masyarakat.
  4. Politik – pengelolaan kekuasaan dan kekuatan.
  5. Kehendak Tuhan – seuatu yang di luar jangkauan kemampuan manusia. Oleh sebab itu manusia punya kewajiban berharap dan berdo’a (ibadah).
Masih menjadi perdebatan apakah masa depan itu dapat atau sama sekali tidak dapat direkayasa dan dikendalikan oleh manusia. Lalu, bila sudah demikian, apakah kita harus lantas menyerah begitu saja? Tentu saja tidak.

Kita tidak diminta untuk terjebak dalam kesalahan berpikir pada titik ini. Justru, pada titik inilah, harus ada perencanaan dan kerja keras manusia. Dengan tujuan, agar perubahan yang terjadi di masa depan tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan keinginan manusia.

KONSULTASI BISNIS
Bagaimana Menemukan Ide dan Memulai Bisnis Anda?
Silakan menuju ke "RUANG KONSULTASI". Klik Disini!!

32 komentar:

Belajar Bisnis Internet | hill mengatakan...

Pertamax gan, jd kebawa2 seperti anak2 kaskuser :D

point nya planning ya sama kerja keras?

salam
hill

KangBoed mengatakan...

Hahahaha.. kadang kita manusia tidak bisa membedakan bahasa PIKIR dan bahas RASA.. berpikirlah.. berkarya dan mencipta sekuat tenaga.. sedangkan RASA.. menyerahkan semua hasil kepadaNYA.. jangan bekerja untuk hasil melainkan bekerja demi maslahat mengenai hasil kembalikan kepadaNYA

JR mengatakan...

wow keren......salam kenal....mampir blogwalking om

Rita Susanti mengatakan...

Mempersiapkan dengan sebaik-baiknya,untuk segala kemungkinan keadaan, dan segala ketidakpastian. Semoga kelak kita tidak akan terkaget-kaget menghadapinya...InsyaALLAH.

dadangsupriadi mengatakan...

Masa depan.memang harus direncanakan dan terencana...

dadangsupriadi mengatakan...

Bos..bisa tukaran Link...?

nakjaDimande mengatakan...

semuanya tidak ada yang sama, dan tidak ada kepastian.. Allah SWT bermaksud agar kita mau terus berusaha, terus bergerak.. begitu sudeska?

Anaa mengatakan...

Semoga sukses!!!

rudy azhar mengatakan...

Perubahan yang terjadi semakin cepat.

point ini yang perlu saya kasih pendapat sedikit Mas Sudeska. tidak begitu cepat seperti yang dikira juga Mas, saya dulu waktu SD kelas 1 punya buku prediksi tahun 2000 kalau kehidupan manusia udah banyak dibantu dengan robot, mobil-mobil dan kereta api tidak perlu ban lagi untuk berjalan (seperti melayang gitu) tapi pada kenyataannya ini udah hampir tahun 2010, yang diadaptasi dari hal tsb diatas masih sedikitkan? kebanyakan masih dalam uji coba.

Paradoks dengan keinginan manusia, maksudnya gimana Mas? memang yang menguasai bumi inikan manusia. Bisa Mas kasih keterangan lebih lanjut??
thanks...

IwanKus mengatakan...

persiapkan diri dengan baik untuk menyambut perbedaan, ketidak pastian dan perubahan yang akan kita hadapi...

Action Figure Toy mengatakan...

pengen merencanakan masa depan yang kondusif bagi diri sendiri nih mas
cuman, kadang kita tidak menebak apa yang menjadi kuasa tuhan

belajar blog mengatakan...

sering terbesit seperti apa masa depanku
tapi harus yakin dan meyakinkan diri bahwa apa yang ada sekarang harus diperjuangkan untuk kebaikan dan persiapan masa yang akan datang

heru mengatakan...

hidup adalah perjuangan, semua tergantung bagaimana kita memperjuangkan prinsip hidup kita, dan memperjuangkan agar semuanya lebih baik dari yang sekarang

ajir mengatakan...

sangat inspiratif sob..thanks :D

KangBoed mengatakan...

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

KangBoed mengatakan...

Bukan manusia yang seharusnya tergilas oleh kemajuan jaman melainkan manusia seharusnya bisa menjadi pengguna yang baik..

Mrs.TITIK mengatakan...

Trimakasih Sharingnya .... untuk berpikir masa depan yang perlu di garis bawahi adalah : " HIDUPITU HARUS INGAT DAN WASPADA", maksudnya apapun perubahan yg terjadi namun dalam idri ini harus tetep INGAT : ingat pada Alloh, pada hal2 kebaikan, dan WASPADA : senantiasa hati2 ....

Salam Sukses

reno sutrisno mengatakan...

kita boleh merencanakan sesuatu untuk masa depan tapi ingat manusia hanya bisa berencana semuanya ada didalam kuasa Allah SWT.....

berita unik mengatakan...

jadi inget ama kata-katanya Jack Sparrow
"dunia tidak pernah berubah...hanya isinya saja yang berubah"

Financial Adviser mengatakan...

merencanakan masa depan yang baik juga harus melihat kejadian-kejadian di masa lalu

Zico Alviandri mengatakan...

Manusia bisa mengupayakan masa depan, semampunya. Tapi banyak variable yang membuat masa depan itu tak terduga.

Nice post :)

alamendah mengatakan...

Sudak selayaknya hidup berjalan bersama perubahan yang terkadang tidak dapat terprediksi. Kita hanya mampu berusaha untuk mewujudkan masa depan yang sesuai dengan harapan kita.

Edy S mengatakan...

Kita hanya bisa merencanakan, tapi itu tetap sangat-ngat perlu dan dengan doa, tuhan yang akan menetukan.

Agus Siswoyo mengatakan...

Bicara masa depan, seolah tidak ada habisnya. Kita senang berencana ini itu, bikin progran A dan B. Tetapi terkadang kita lupa, apa yang telah kita siapkan untuk menjalani semua itu. Apa mau disebut bonek mania (bondo nekad)? :D

linduaji mengatakan...

terkadang saking sibuknya mikirin masa depan kita malah lupa kalau kita harus fokus pada masa sekarang ini. apa yang sedang kita hadapi dan jalani sering jadi terbengkalai hanya karena mikirin masa depan.

sutrisno mengatakan...

masa depan tidak akan ada yang pernah menduga kita sebagai manusia haya bisa merencanakannya..jd jangan lah kaget apabila masa depan berbeda dengan apa yang sudah kita rencanakan...

Khery Sudeska mengatakan...

@Sahabat2ku semua: Thanks so much atas semua komentar anda. Saya sangat senang :)

Untuk sementara waktu, saya belum bisa menjawab komentar2 anda semua, Para Sahabat. Kerana, saat ini, saya masih berada di Melaka (Malaysia) dalam konsentrasi pengobatan ayahanda saya. Saya tak punya banyak waktu untuk online.

Nanti, bila keadaan telah kembali seperti semula, saya akan tanggapi (atau jawab) komentar2 anda disini. Insya Allah!

Once again buat Sahabat2 Saya semua; Thanks... :)

hpnugroho mengatakan...

kita hanya bisa merencanakan dan berusaha, tapi ada yg paling berkuasa dalam menentukan masa depan. Karena itu pentingnya berserah diri pada Yang Maha Kuasa

arkasala mengatakan...

waduh, saya merasa bersalah disini baru baca, padahal ada support khusus buat saya. Maaf dan sekaligus terima kasih sekali Ma Khery.
Dari artikel di atas khusus untuk hal yang berhubungan dengan musik, mungkin saya cukup terlena dengan keindahan musik pada jaman saya masih suka bermusik termasuk dangdut sehingga ada ketidakadilan dari diri saya sehingga kurang mengapresiasi musik masa kini.
Namun pandangan saya seperti itu semoga tidak memberikan effek terhadap pandangan yang lainnya. Karena tentunya saya sempendapat pada intinya hidup ini adalah dinamis. Pasti masa depan akan berbeda dengan masa kini. Karena yang tidak pernah berubah adalah perubahan yang selalu akan ada.
Trims sudah mengingatkan Mas.
Salam sukses selalu :)

sebar iklan mengatakan...

sukses bro buat masa depan...

mamae didan mengatakan...

Membincangkan masa depan...
Orang cenderung berpikir ke faktor ekonomi. Padahal faktor-faktor lain juga tidak kalah penting. Mungkin karena ekonomi berhubungan dengan kelangsungan hidup kali ya?!

bundadontworry mengatakan...

idealnya memang masa depan berjalan bersamaan dgn apa yg kita rencanakan.
jadi, marilah tetap berusaha menciptakan masa depan yg lebih baik dr sekarang, walaupun masa depan tak dpt diprediksi dgn tepat.
salam.

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Bagi sahabat-sahabat pembaca yang belum mempunyai Blog, anda tetap bisa berkomentar/bertanya disini. Caranya, pada "Select frofile..." pilihlah Name/URL. Tulis pada kotak Name dengan Nama Anda, dan kotak URL anda kosongkan saja. Tuliskan komentar/pertanyaan anda di dalam kotak komentar, lalu Poskan Komentar anda.

 
© Copyright by Blog Khery Sudeska  |  Template by Blogspot tutorial