15 Oktober 2009

Kunci Memenangkan Persaingan Bisnis Secara Sehat

Halo, teman-teman semua. Apa kabar anda? Saya minta maaf. Selama satu pekan ini, saya didera kesibukan yang padat. Menyita waktu dan pikiran saya dalam porsi yang sangat banyak. Membuat pekerjaan up-dating blog ini dan menyapa teman-teman semua harus sedikit saya abaikan.

O, ya... Terkait judul ini, bukan maksud saya hendak memberikan tips tentang bagaimana memenangkan persaingan bisnis kepada anda. Karena blog ini bukan murni blog bisnis. Ini hanya (kalau boleh dibilang) sebuah catatan ekonomi dalam kapasitas yang kecil.

Bermula dari melihat “seramnya” perkembangan internet marketing belakangan ini, saya melihat arah yang kurang sehat. Bagaimana tak seram, predikat “penipu” dialamatkan kepada banyak pelaku internet marketing di Indonesia. Layaknya sebuah peristiwa, selalu saja memunculkan dua efek. Efek negatif dan efek positif. Tapi, pada lain waktu dan kesempatan, isu penipuan ini (boleh jadi) bermuatan persaingan bisnis. Dan anda, tentu saja bertanya, kenapa saya menaruh peduli terhadap isu ini.

Ya, saya sendiri, di suatu waktu di masa depan, juga punya rencana untuk terjun di dunia internet marketing ini. Tapi, anda tidak perlu khawatir. Blog Sudeska.Net ini tidak akan pernah berubah menjadi blog bisnis murni. Blog ini akan tetap menjadi blog yang menyimpan catatan ekonomi, politik, dan kebangsaan (dengan kualitas apa adanya ini, hehehe...). Dan saya sangat mencintai blog ini dengan keadaannya sekarang. Kalau untuk bisnis, akan ada blog khusus nantinya.

Namun, melihat perkembangan yang demikian, tentu saja membuat perasaan saya jadi kecut. Memang, yang namanya bisnis, tak dapat mengelak dari isu-isu seperti ini. Tapi, kalau setiap apa saja bentuk bisnis internet hampir selalu dikatakan penipuan, tentu saja akan menjadi budaya yang tidak baik dalam bisnis ini.

Alih-alih, menggadang-gadangkan isu penipuan secara membabi buta, saya punya saran, lebih baik mengarahkan persaingan pada empat kunci memenangkan persaingan bisnis secara sehat. Apa saja itu?

1. Efisiensi

Sesuatu baru bisa dikatakan efisien apabila perbandingan antara Output dengan Input lebih besar dari satu (Output/Input > 1).

Efisiensi berlaku pada kedua belah pihak; penjual (pebisnis) dan pembeli. Bila anda seorang pebisnis, efisiensi bagi pembeli (customer) anda adalah manfaat yang mereka dapatkan dari produk atau jasa yang mereka beli dari anda lebih besar ketimbang segala pengorbanan yang telah mereka keluarkan, termasuk uang.

Nah, saya sudah artikan efisiensi bagi customer anda, silakan anda artikan sendiri efisiensi bagi anda.

2. Mutu (Quality)

Mutu produk/jasa mencakup dua hal, yakni bobot dan nilai. Bobot adalah kekuatan, peranan, dan pentingnya produk/jasa anda. Sementara nilai adalah kegunaan, makna, dan manfaat produk/jasa anda.

Pada tahap awal pemasaran, mutu produk/jasa memang masih menjadi sesuatu yang abstrak (meraba). Tapi, bila di kemudian hari diketahui bahwa produk/jasa anda sangat bermutu, tentu akan sangat banyak yang merekomendasikan untuk membeli produk/jasa anda.

3. Pelayanan (Service)

Banyak hal yang bisa diartikan sebagai pelayanan. Mulai dari keramahan, kedekatan, keakraban, kemudahan distribusi, sampai kepada pembinaan dan pembimbingan secara berkala dan kontinyu.

4. Komitmen

Komitmen adalah ketaatan pada asas. Sebagai pebisnis, anda harus taat pada janji, slogan, dan propaganda (pemasaran) yang anda buat sebelumnya. Sebagaimana halnya efisiensi, komitmen tidak hanya berlaku antara anda dan customer anda. Komitmen juga berlaku antara anda dengan diri anda sendiri. Kedua komitmen ini akan semakin menguatkan positioning bisnis anda.

Tudingan, mungkin tak akan pernah berhenti. Hanya frekuensinya saja yang kadangkala berubah. Dan itu, memang sudah menjadi salah satu resiko yang harus dihadapi dalam bisnis internet ini. Tapi, sejauh pengamatan saya, pebisnis internet (internet marketer) yang senantiasa menjaga ritme optimasi pada area yang empat tadi, tak mempan oleh isu-isu yang serupa itu. Orang-orang, pada gilirannya, juga akan tetap melihat pada kacamata yang objektif. Semakin ia disudutkan, semakin saja ia berkibar. Sementara, yang melupakan empat komponen ini, akan tersingkir dengan sendirinya. Maka, mulailah memenangkan persaingan bisnis sejak sekarang secara sehat. Siapa pun itu.

Anda setuju? Atau punya pendapat yang berbeda? Silakan...

KONSULTASI BISNIS
Bagaimana Menemukan Ide dan Memulai Bisnis Anda?
Silakan menuju ke "RUANG KONSULTASI". Klik Disini!!

39 komentar:

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
4 hal yang sangat penting dalam kompetisi di dunia bisnis. Terima kasih atas ilmunya.

rudy azhar mengatakan...

(maaf) izin mengamankan KEDUA dulu, Boleh kan?!
Saya sependapat dengan 4 hal diatas.

bukan facebook mengatakan...

tuh dia tuh masalah komitmen yang kadang masih lepas kontrol dari saya... :D

Rita Susanti mengatakan...

Wuih Bang, serasa dapat kuliah singkat ttg manajemen pemasaran deh:)..nice posting.
terima kasih...
Hmm, internet marketer, masih belum terbayang ke arah sana, tapi pasti menarik yah, jadi teringat Anne Ahira...

heru mengatakan...

4 kunci yang sangat bermanfaat mas, memang benar mas dengan memiliki komitmen maka akan selalu konsisten menjalakan bisnisnya
salam sukses
bisnis online

Kerja Keras Adalah Energi Kita mengatakan...

Dari keempat hal tersebut saya sepakat Mas.
Yang saya soroti dari hal persaingan dengan adanya semacam black campaign satu sama lain menjadikan dunia internet menjadi terkooptasi oleh pemikiran yang negatif.
Yang repot adalah internet dipandang dunia instan dimana dampak cepatnya informasi termasuk dampak dari cepatnya akses menjadikan beberapa orang berpikir instan juga. Disisi ini juga terlalu banyak yang membuai. Ini yang repot padahal jika berkaca pada si pembuat internet ini mungkin memerlukan riset dalam waktu yang panjang.
Perlu adanya terobosan baru untuk masuki dunia ini. Apakah itu ? Kelihatannya perlu banyak menggali beragam potensi. Saya sendiri masih belum fokus alias mulur mungkret seperti karet sehingga masih terjebak rutinitas dan enggan untuk beranjak.
Trims sekali Mas Khery saya suka sekali dengan tulisan ini. Semoga segera mendapatkan pemicu yang ampuh.
Btw, untuk identitas saya numpang promo Mas ya. Salam :)

Mbah Kuncen BisnisTuyul.com mengatakan...

Goooog postiiing....

Setelah 4 Komitmen tersebut dijalankan, jurus ampuh yang tidak kalah penting adalah:

"PROMOSI"

Mr. P ini memiliki peran yg sangat besar, sehingga tanpa dirinya, orang akan susah untuk bisa behasil dalam bisnis...

Sanes kitu, kang...???

(Bukan begitu, Mas...?)

Hehe...

Salam YAKIN SUKSES untuk semua !!!

Khery Sudeska mengatakan...

@Rita: Masa sih? :D

@Kerja Keras Adalah Energi Kita (Arkasala): Trims, Mas Yayat. Pendapat anda justru memberi saya inspirasi dan ide tertentu dalam hal ini. Mungkin, itu yang belum banyak tersentuh dalam dunia internet marketing saat ini. Ini sebenarnya "lahan" baru. Kapan2 boleh kita diskusikan berdua untuk sama2 kita pecahkan :)


@Mbah Kuncen: Trims atas masukannya, Mas Andri :)

nakjaDimande mengatakan...

sudeska, akan coba bundo terapkan ini di warung bundo.. biar maju dan bisa bersaing :D **warung aja gaya mau bersaing segala, hehheh

anung yusmar mengatakan...

kalau dalam kesehatan ada 4 sehat 5 sempurna.
dan istilah itu saya rasa bisa juga kita pakai dalam kaitan bisnis jadi 4 sukses 5 sempurna.
yang 4 dari dari rincian mas khery :
1. efisien
2. Mutu
3. Pelayanan
4. Komitmen
dan yang ke-lima boleh kah bila saya tambahin IMAM jadi lebih sempurna...

terima kasih

Khery Sudeska mengatakan...

@nakjaDimande : Haiyaaaa... Mandeku :) Apa kata dunia nanti Mande. Masa sih dokter gigi jaga warung :D Udah deh, biar ananda aja yang ke Bukittinggi nungguin warung Mande. Biar diterapkan yang 4 diatas di warungnya Mande :D

@anung yusmar: Mantap masukannya, Bang Anung :) Sip...

reez mengatakan...

makasih infonya... keep move on...^__^

hpnugroho mengatakan...

uraian yang bagus ...
hal diatas yg jadi sorotan bwt sy adalah quality, dimana kualitas adalah manfaat yang kita berikan kepada consumen, sejauh mana kualitas tersebut tergantung consumen mana yg kita bidik, jika kita membidik consumen expert, ya produk kita harus expert juga ... hal ini akan meminimalkan kesan penipuan yg kemungkinan berkembang dibelakang ...

Zico Alviandri mengatakan...

Setuju... setuju... :D

Peluang Bisnis | Ricky mengatakan...

(Maaf) ijin mengamankan KE-LIMA BELAS, boleh kan?!
Pada dasarnya saya setuju dengan pendapat no.1 & 2..hehe..:) kidding mas

Kunci memenangkan persaingan bisnis secara sehat..hmm..saya rasa sudah saatnya artikel seperti ini disosialisasikan lebih sering lagi mas...

Terimakasih atas sharingnya. Mantap !

mamah aline mengatakan...

sepakat dengan 4 pendapat diatas, persainagn bisnis harus sehat untuk hasil yang sehat pula

belajar bisnis internet | hill mengatakan...

sy hrs menerapkan 4 point diatas ya klo blog di monetasi. trims mas kherry :)P

salam
hill

Joko Susilo mengatakan...

JAdi ingat soal TQM. Mungkin itu akan saya tulis buat bahan posting pada beberapa hari mendatang di blog saya. Terimakasih atas sharingnya mas Khery.

candradot.com mengatakan...

dengan demikian akan terbentuk trust ya mas....

Wasyoko mengatakan...

saya juga sependapat dengan mas khery.semua akan baik baik aja jika kita tetap aktion dengan tujuan kita.

candradot.com mengatakan...

lho mana mas....? masih tak tungguin neh.
add langusung aja via yahoo add contact kalo icon saya gak bisa di klik

NoRLaNd mengatakan...

Thx buat info n masukkanya ne :)

Pasang Iklan Gratis mengatakan...

wah makasih artikelnya, mantap sekali!
bisnis atau tidak bisnis yang penting tetep ngeblog terus!
tapi kayaknya ide bagus juga tuh, blog bisnis sendiri saja hehehe... mantap!
Iklan Baris

tuyi mengatakan...

artikel yang mantaps....

Khery Sudeska mengatakan...

@hpnugroho: Saya setuju sekali, Mas Nugroho :)

@Ricky: Boleh, Mas Ricky. Amankan saja :D
Sabar, Mas Ricky. Masih dalam tahap penggodokan. Tunggu aja tanggal mainnya :D

@mamah aline: Ya, Mamah :) Trims...

@hill: Gak perlu, Kawan :D (Kidding....)

@Joko Susilo: Wah, gak sejauh dan sedalam itu, Bang. Hehehe... Ini hanya catatan kecil saja, sekalian cari inspirasi dari masukan kawan2 yang lain. Ya, itung2 mematangkan ide dan konsep. Trims, Bang... Udah main dan kasih komen disini. Saya sangat senang :)

@candradot.com: Rasanya saya gak perlu mengulas lagi pendapat Mas Candra itu. Apalagi pendapat orang yang ahli dalam hal perhotelan. Hehehe... Saya justru dapat masukan. Trims, Mas :)
Eh, iya... Ntar ta' aku confirm lagi ke Mas ya... Ok?

@Pasang Iklan Gratis: Iya, kalo dicampur ntar gak jelas n gak fokus. Jadi bisnis gado2, hehehe...

wellsen mengatakan...

saya sependapat dengan ke 4 poin di atas, mas :)
dan menyimak perkembangan bisnis di Indonesia saat ini, sepertinya sedang berlomba-lomba menonjolkan poin ketiga tentang customer service :)
penjual untung, pelanggan bahagia..paling ideal :D

danuakbar.com mengatakan...

wah... artikelnya begitu menarik..
saya akan menjadikan artikel ini sebagai pembelajaran.

Agus Siswoyo.com mengatakan...

Nice artikel mas Khery...!
jadi pembelajaran yang bagus buat saya.

IwanKus mengatakan...

tambahan info yang berguna mas...
tentang tudingan 'penipu' sebenarnya ada efek positifnya...
orang jadi tahu dan penasaran sehingga lebih terkenal...hehe...
trims

Kerja Keras adalah energi Kita mengatakan...

Sepakat kang. Tanpa keempat hal tersebut, persaingan akan ternodai

dafiDRiau mengatakan...

MAS Iwan kus memang benar itu temasuk iklan gratis yang handal

joko santoso mengatakan...

Betul mas, apalagi point pelayanan, walaupn hanya bilang terimakasih pak, bu... bagi pelanggan sudah merasa sangat dihargai

Khery Sudeska mengatakan...

@wellsen: Yap, Mas Wellsen. Tapi, keempat2nya sangat perlu seimbang, menurut saya... :)

@danuakbar.com: Trims, Mas Danu :)

@Agus Siswoyo: Thanks... :)

@IwanKus: Ya, ada dampak positif dan negatif. Dampak negatifnya buat bisnis internet ini secara keseluruhan. Seperti yang dibilang Mas Yayat (Arkasala) diatas...

@joko santoso: Hehehe... bener juga :)

Blog Bisnisku mengatakan...

bingung mau ngasih pendapat apa yach...koment diatas sdh mewakili semuanya....terima kasih aja dech

T. Wahyudi mengatakan...

setuju mas... :D

wah... lama saya gak berjunjung kesini yah.... :D

angga chen mengatakan...

mantap...tap...tap artikelnya

ali febriyanto mengatakan...

keren tips-tips, saya akan menjadi pengunjung tetap di sini...

Khery Sudeska mengatakan...

@Blog Bisnisku: Kok bingung? :D

@T. Wahyudi: Wellcome back, Mas Wahyudi :D

@angga chen: Thanks, My Friend :)

@ali febriyanto: Silakan, Mas. Selamat datang di Sudeska.Net :)

KLIK DISINI utk infobagus & PELUANG BISNIS mengatakan...

Assalamualaikum......SALAM KENAL=====================
Temen-temen ingin WIRAUSAHA ??? Jadi entrepreneur ???
Ingin punya bisnis ??? Mau buka usaha ???
Yang nyata, halal, prospektif & mudah ??? ( Bukan MLM )
Atau butuh bimbingan / konsultasi ???
Wujudkan Bersama Kami. "CV.HAZET Computer & Konsultan Bisnis"
Hubungi 08121479434 Bp.Afif Naofal atau Klik

http://WWW.INFOBAGUS.TK atau
http://WWW.HAZETCOM.BLOGSPOT.COM

Bersama kami insyaAllah untung, maju, berkah & sukses.
Saatnya ACTION!. Ayo ambil peluang bisnis ini.
Tidak ada kata terlambat!. Ikuti jejak mereka yg sudah kami bina & sukses.
Orang lain bisa sukses, Andapun BISA!
Kami bantu anda maksimal. Melayani Seluruh Indonesia.
GARANSI. KONSULTASI GRATIS !!! ======================

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Bagi sahabat-sahabat pembaca yang belum mempunyai Blog, anda tetap bisa berkomentar/bertanya disini. Caranya, pada "Select frofile..." pilihlah Name/URL. Tulis pada kotak Name dengan Nama Anda, dan kotak URL anda kosongkan saja. Tuliskan komentar/pertanyaan anda di dalam kotak komentar, lalu Poskan Komentar anda.

 
© Copyright by Blog Khery Sudeska  |  Template by Blogspot tutorial