02 Juli 2009

Selamat Datang di Sudeska.Net

Terus terang saja, ini agak rumit bagi saya. Hampir dua bulan saya mencari ide; topik apa yang ingin dibahas dan gaya tulisan seperti apa yang ingin saya pilih. Tak ada yang baru di dunia ini. Apa yang dikatakan baru sebenarnya hanyalah sebuah kombinasi dari gagasan-gagasan lama. Tidak lebih dan tidak kurang.

Menulis tentang ekonomi, politik, dan kebangsaan adalah sebuah topik yang amat berat untuk dibahas. Setiap individu memang mempunyai kemerdekaan untuk mengemukakan pendapat dan gagasan. Tapi, sebuah gagasan yang cerdas dan bertanggung jawab lebih penting dari pada sekedar ‘nyeletuk’. Gagasan yang cerdas tentunya mempunyai landasan yang kuat, referensi yang akurat, dan arah yang bertanggung jawab. Disinilah kerumitan itu terasa.

Kerumitan lainnya, menulis tentang ekonomi, politik, dan kebangsaan juga memerlukan kecakapan dalam menangkap setiap isu dan perkembangan terkini. Sedikit saja terlambat, maka pembicaraan itu selanjutnya akan menjadi tidak menarik.


Kemudian, gaya penulisan. Banyak orang mungkin sudah bosan dengan model tulisan bergaya essay bebas. Tulisan seperti ini dinilai terlalu berat dan serius. Apalagi kalau tulisan itu sangat panjang. Jangankan untuk membaca, baru melihatnya saja kemudian orang akan langsung kabur, menutup halaman website atau blog yang bersangkutan. Karena kebanyakan orang yang membuka internet (dalam istilah sehari-hari) adalah untuk mencari hiburan, sesuatu yang ringan, dan melepas kejenuhan. Maka, oleh sebab itulah mungkin, facebook begitu ramai diminati oleh semua kalangan. Ini terlepas dari kontroversi pendapat orang tentang facebook. Tapi membahas persoalan ekonomi, politik, dan kebangsaan dengan “cara yang ringan” tidaklah mudah. Salah-salah, blog ini malah bisa menjadi blog humor.

Diantara beberapa pertimbangan itulah, saya mencoba untuk mencari jalan tengah, membuat tulisan (yang saya upayakan) ringan dan santai untuk dibaca. Meskipun, nantinya, akan anda dapatkan juga tulisan dengan “gaya bahasan berat”. Ini, mungkin, berkaitan sulitnya saya keluar dari gaya menulis saya yang lama. Namun, saya akan terus mengupayakan apa yang saya tulis disini, secara perlahan, lama kelamaan, menjadi ringan dan enak dibaca.

Dan, tentunya, tulisan-tulisan disini dimaksudkan ada manfaat yang positif bagi kita semua dalam rangka meningkatkan kepedulian kita terhadap masalah-masalah kebangsaan, terutama masalah-masalah yang kita hadapi sehari-hari. Oleh sebab itu, walau dirancang ringan, tapi juga diusahakan padat, berisi, dan mengena

Saya juga banyak terinspirasi dengan gaya bertutur Bang Zainul Ikhwan di facebook dengan tokoh Pak Enceh dan Thales-nya. Walaupun sekilas terlihat ringan, namun kritik dan idenya senantiasa segar. Tapi saya juga tidak bermaksud untuk mengadopsinya bulat-bulat. Dan, saya kira juga, tidak akan pernah sama antara saya dan Bang Zainul Ikhwan. Karena, bila mau dibandingkan, pengalaman menulis Bang Zainul Ikhwan jauh lebih banyak dan lebih baik dari pada saya yang tidak seberapa.

Oh, ya. Blog ini punya sejarah. Blog Sudeska.Net ini adalah blog pertama saya sebelum blog Sudeska.Com yang berbahasa Inggris terbit. Blog pertama saya belajar nge-blog. Kalau Sudeska.Com berbicara tentang bisnis, bisnis online, bisnis melalui blog, dan tips-tips blogging dalam bahasa Inggris, maka Sudeska.Net berbicara tentang apa yang sudah saya jelaskan di atas dalam bahasa Indonesia.

Mulanya, blog ini isinya hanya berupa “coretan-coretan” dan ekspresi pribadi saja. Bila ada diantara anda yang sempat melihatnya sebelum ini, anda mungkin tahu bagaimana tulisan dan lay-out blog ini sebelumnya. Tulisan-tulisan itu telah saya hapus dari status publikasi dan saya simpan untuk kenang-kenangan.

Terakhir, harus diakui, bahwa tulisan-tulisan di blog ini masih jauh dari sempurna, baik dari segi gaya penulisan maupun dari segi topik bahasan yang dikemukakan, serta kepatutan referensi. Tapi, menurut saya, orang yang mulai belajar menulis semuanya begitu. Lihat saja, tulisan-tulisan awal Pramoedya Ananta Toer pada buku MENGGELINDING, sama sekali tidak semenarik tulisannya pada Tetralogi Buru. Begitu juga mungkin penulis-penulis yang punya nama besar lainnya, seperti Buya HAMKA, Ali Syari’ati, Murthadha Muthahhari, dan lain-lain.

Maksud saya, segala kekurangan yang masih terdapat dalam tulisan-tulisan ini harap dapat dipahami. Namun demikian, saya sangat berlapang dada terhadap segala kritikan dan masukan yang membangun dari para pembaca dan para Blogger semua. Silakan beri masukan dan komentar pada kolom komentar di bawah ini.

Saya ucapkan Selamat Datang, Terimakasih, dan
Salam Hangat dari saya untuk semua,


Khery Sudeska

KONSULTASI BISNIS
Bagaimana Menemukan Ide dan Memulai Bisnis Anda?
Silakan menuju ke "RUANG KONSULTASI". Klik Disini!!

26 komentar:

bundadontworry mengatakan...

salam kenal mas sudeska.
terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.
semoga silaturahim kita tetap terjaga, amin.
salam.

Khery Sudeska mengatakan...

Terimakasih juga buat Bunda yang telah mau berkunjung kemari. Saya sangat senang. Saya juga sangat berharap, silaturahmi kita tetap terjaga; selama kita hidup, saat kita mati, dan saat kita dihidupkan kembali. Amin...
Salam juga buat Bunda...

iwankus mengatakan...

salam kenal mas sudeska
trima kasih atas kunjungan anda di iwankus.com
senang sekali bisa berkunjung ke blog anda
mohon ijin mengikuti up date artikel terbaru anda...
sukses untuk anda

wellsen mengatakan...

Salam kenal, mas Sudeska :)
terima kasih atas kunjungannya di blog saya..
Saya yakin "Ekonomi, Politik, dan Kebangsaan" adalah topik yang cukup menarik untuk dibahas..
Dan saya yakin anda bisa mnyajikannya dalam kemasan yang menarik..
Salam sukses :)

Khery Sudeska mengatakan...

@iwankus: Silakan, Mas. Salam kenal dan sukses juga buat Mas...

@wellsen: salam kenal juga mas Wellsen, blog anda isinya juga sangat luar biasa. Saya sangat terinspirasi...

Anonimmengatakan...

tetep semangat mas, anda pasti bisa!
klo blog gw c...biasa ajah.
ga berat, mild.... hehehehe

Khery Sudeska mengatakan...

@ayamcinta: Thankyuuuuu for your support, my friend. Ah, masak iya? Blog mas sebenarnya berat juga tuh. Mas aja yang pinter banget bisa membuat bahasannya jadi ringan. Sok merendah lagi, hehe...:D

nakjaDimande mengatakan...

sedang mengunjungi rumah sudeska.. berat atau tidak bagi bundo tak masalah.. InsyaAllah tulisan dari hati akan sampai ke hati

yang jelas acung jempol buat sudesta
penulis yang mengagumkan!!!

Khery Sudeska mengatakan...

@nakjaDimande: Trims atas apresiasi dan support-nya, bundo...

en_me mengatakan...

salam kenal dan balasan dari seberang pak sudeska itteww..

Khery Sudeska mengatakan...

@en_me: salam kenal juga pak en_me. Terimakasih sudah berkunjung kemari. Saya sangat senang...

Rita Susanti mengatakan...

Salam kenal Bang Sudeska,kunjungan pertama nih..
Blog nya "berisi" sekali yaa:)

Buat saya yang masih "ringan", tulisan Bang Sudeska memang tergolong berat, tapi saya fikir itu bukan suatu masalah yang berarti Bang, karena setiap orang memiliki gaya (khas) masing-masing dalam menulis. Dan justru gaya/khas kita itulah yang sebenarnya menjadi daya tarik bagi pembaca...

Selamat menulis dengan gayamu Bang!
Saya link ya blognya biar bisa nambah ilmu nih:)
Salam persahabatan!

Khery Sudeska mengatakan...

@Rita Susanti: Silakan, Rita... Thanks atas supportnya...:)

Deni mengatakan...

salam kenal dari Karawang mas :)

Pudana mengatakan...

Salam perkenalan mas, blog mas isinya berkualitas, saya kagum dari tutur kata dan isinya, saya perlu belajar dari mas, soalnya saya juga lagi coba membuat blog....

Khery Sudeska mengatakan...

@Deni: Salam kenal pula dari Pekanbaru, Mas Deni :)

@Pudana: Trims, Mas Pudana. Salam perkenalan juga dari saya. :)

sobatsehat mengatakan...

salam kenal aja deh bang...........sukses selalu

Khery Sudeska mengatakan...

@sobatsehat: Salam kenal juga, Mas Putra :)

Web Hidup Mulia mengatakan...

Terima kasih sudah mampir dan doanya.Senang bisa kasih komentar di PAGE "About Me", yang g bisa dilakukan di Blog saya. Bisa ngasi advis?

Trus soal buku, setiap buku punya "isme".Konon saat ini tinggal dua isme yang lagi berhadapan, Kapitalisme dan Islam.

Andrik Sugianto mengatakan...

Mas Khery Sudeska salam kenal, aq andrik baru sebulan ini belajar ngeblog.kpn2 mampir ya....
makasih!!!!

arkum mengatakan...

salam kenal ms sudeska dari sy.Tlg sempetkan mampir y ms keblog sy.Trima kasih.

indrokilomengatakan...

permisi mas ikut gabung diblog ini boleh ya
saya newbe dari lembah gunung arjuna ,jatim.
ikut belajar ngeblog.

Khery Sudeska mengatakan...

@Web Hidup Mulia: Sama2, Bu. Hehehe... buku itu kan hanya bacaan saja. :)

@Andrik: Sama2, Mas... :)

@arkum: Salam kenal juga, Mas.. :)

@indrokilo: Sangat boleh sekali, Mas. Btw, URL blognya mana? Cantumkan saja, biar saya juga bisa berkunjung ke sana. :)

Anonimmengatakan...

salam.bagaimana cara bikin www.sudeska.net/terima kasih.maaf kalau ngak pada tempatnya.mohon bantuannya.

fadly muin mengatakan...

walau terkesan terlambat, tapi saya tetap tertarik ingin menorehkan sedikit kesan disini mas Khery. boleh khan..? :)
---

Sepertinya anda menyusun semua ini dengan sistematis, hati-hati dan apik. personifikasi diri yang anda tuangkan dalam prolog di atas, sangat mengesankan mas. memperlihatkan pribadi yang utuh, antusias dan rendah hati.. luar biasa!

arsumba mengatakan...

salam kenal mas sudeska dari arek sumbawa.. hahaha...
sudah berulang kali saya kunjung kesini baru kali buka hal about...
hehehe...
saya salut ma sampean mas, tulisan2 sampean baik yang ringan maupun yang berat menggambarkan sampean seorang yang intelektual..
penuh makna dan isi yang berbobot dari setip kata yang terketik.. hehe..
salam sukses selalu...
:D

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Bagi sahabat-sahabat pembaca yang belum mempunyai Blog, anda tetap bisa berkomentar/bertanya disini. Caranya, pada "Select frofile..." pilihlah Name/URL. Tulis pada kotak Name dengan Nama Anda, dan kotak URL anda kosongkan saja. Tuliskan komentar/pertanyaan anda di dalam kotak komentar, lalu Poskan Komentar anda.

 
© Copyright by Blog Khery Sudeska  |  Template by Blogspot tutorial