01 Juli 2009

Apa Itu RSS Feed?

Feed dalam bahasa Inggris berarti makanan atau pemakanan. Atau lebih tepatnya, diartikan umpan.

Sedangkan RSS adalah singkatan dari Rich Site Summary. Atau dalam bahasa Indonesia kira-kira artinya adalah ringkasan isi dari sebuah situs atau blog.

RSS ini adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan blog yang isinya diganti (atau ditambah) secara reguler. (Wikipedia)

Nah, bila mau diartikan secara gamblang, RSS Feed artinya adalah umpan (atau bisa juga diartikan layanan) yang disediakan oleh sebuah situs web untuk dapat berlangganan ringkasan isi dari situs web tersebut.

Kenapa hanya ringkasan isi? Ya, hanya ringkasan isi. Tapi, tidak perlu khawatir. Bila pembaca ingin membaca isi (atau artikelnya) secara lengkap, pada ringkasan itu telah tersedia link yang bisa diklik untuk mengarah ke situs yang bersangkutan.

Lalu apa keuntungannya? Keuntungannya adalah pembaca tidak perlu bolak-balik mengecek ke alamat situs yang bersangkutan hanya untuk mengetahui apakah ada perkembangan (isi atau artikel) terbaru pada situs yang bersangkutan. Dengan RSS Feed ini, pembaca cukup memantau perkembangan situs yang bersangkutan melalui “layanan pengumpul”.

Layanan pengumpul ini bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Untuk Sudeska.Net, anda bisa memilih layanan pengumpul yang anda sukai setelah mengklik Berlangganan RSS Feed. Disana, anda bisa pilih Google Reader, MY YAHOO!, atau yang lainnya. Terserah anda. Tapi, pastikan sebelumnya, anda punya akun pada layanan pengumpul yang anda pilih. Misalnya, kalau anda pilih Google Reader, maka anda harus punya akun Google. Kalau anda pilih MY YAHOO!, maka anda harus punya akun YAHOO!. Demikian seterusnya untuk layanan pengumpul lainnya.

Dan, sekali lagi, anda tidak perlu khawatir. Akun dan password anda tidak akan diketahui oleh siapapun. Karena, tombol button yang ada di sana, hanyalah berupa Feed (umpan) saja. Setelah anda meng-klik tombol button tersebut, pada prinsipnya, anda mengarah langsung ke situs akun milik anda. Jadi, hanya anda dan situs akun anda saja yang tahu akun dan password anda. Bagaimana? Mudah dan aman, bukan?

RSS Feed Sudeska.Net ini disokong oleh FeedBurner, salah satu layanan Feed terpercaya yang telah diakuisisi oleh Google.

Dan, terakhir, berlangganan RSS Feed Sudeska.Net ini tidak diperlukan biaya, alias Gratis. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, segera berlangganan artikel-artikel di Sudeska.Net via RSS Feed. Klik disini!



KONSULTASI BISNIS
Bagaimana Menemukan Ide dan Memulai Bisnis Anda?
Silakan menuju ke "RUANG KONSULTASI". Klik Disini!!

11 komentar:

IwanKus mengatakan...

tambah ilmu nih...mas setelah membaca posting anda
tetap semangat...

Khery Sudeska mengatakan...

Hehehe...:D Mas Iwan pasti dah tau tuh apa RSS Feed. Ini hanya untuk membantu pembaca yang belum terlalu faham apa itu RSS Feed. Untuk memudahkan para pembaca saja. Lagian, keterangan diatas kan semuanya udah ada di Wikipedia. Saya hanya menerjemahkannya dalam versi bahasa saya. Hehehe...

isnuansa mengatakan...

Sebagai blogger, tentu saja kita harus mulai menggiatkan Feed blog kita, supaya lebih banyak lagi yang membaca.

terimakasih sudah berkunjung di blog saya. Kapan-kapan mampir lagi ya, Mas.

Khery Sudeska mengatakan...

@isnuansa: Sama2, mbak... Insya Allah saya akan mampir lagi...

harmenyunior mengatakan...

Terimakasih artikelnya, menambah pemahaman,trimaksih.http://harmenandbisnis.blogspot.com

Khery Sudeska mengatakan...

@harmenyunior: Sama2, Mas :)

arkasala mengatakan...

tadi sempet mampir, tidak sempat komen karena ada panggilan. jadi baru bisa kembali setelah diingkatkan mas khery di blog saya he he. Trims mas atas kunjungannya.
Adapun RSS Feed ini, saya suka memanfaatkan punya kawan supaya jika ada artikel baru tidak ketinggalan. Yang saya heran saya kok tidak memanfaatkan di blog saya cara memasangnya. Apakah yang terpampang di blog saya memiliki kesamaan dengan yang punya mas Khery? Maklum saya agak kurang paham he he. Trims Mas. Salam

Khery Sudeska mengatakan...

@arkasala: jangan "sok gak paham", mas Yayat. Atau ini balasan komen saya di blog Mas Yayat tempo hari. Wkwkwkwkwkwk.... :)) =))

Kalo saya emang bener2 gak paham, Mas.
Trims dan Salam kembali buat Mas Yayat...

arkasala mengatakan...

wah bener2 mas, saya sampe judeg, sampe sekarang saya gak berhasil. Silakan aja dicoba, sampe kemarin lusa itu berantakan sebenarnya. Akhirnya saya set themes saya. Apa karena pengaruh themesnya ya ?

aprianto_pku mengatakan...

thanks atas artikel nya, sangat bermanfaat buat saya,

xxx mengatakan...

sasaadfa

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Bagi sahabat-sahabat pembaca yang belum mempunyai Blog, anda tetap bisa berkomentar/bertanya disini. Caranya, pada "Select frofile..." pilihlah Name/URL. Tulis pada kotak Name dengan Nama Anda, dan kotak URL anda kosongkan saja. Tuliskan komentar/pertanyaan anda di dalam kotak komentar, lalu Poskan Komentar anda.

 
© Copyright by Blog Khery Sudeska  |  Template by Blogspot tutorial